PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DI MTS NEGERI 8 JAKARTA

 


Pada momen Hari Raya Idul Adha tahun 2024, Keluarga Besar MTs Negeri 8 Jakarta melanjutkan momen bersejarah tersebut dengan melaksanakan penyembelihan hewan qurban di halaman madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan pada H+2 Idul Adha 1445 H/2024 M yakni pada Rabu, 19 Juni 2024  sebagai bentuk kepedulian sosial dan berbagi berkah kepada sesama warga madrasah.

Ketua panitia qurban, bapak H. Ahmad Syafi’I, S.Sos.I  memastikan seluruh proses penyembelihan berlangsung dengan tertib dan sesuai syariat.  Hewan qurban yang dipilih telah melalui proses seleksi dengan ketentuan yang berlaku, sehingga dapat memberikan daging qurban yang berkualitas dan layak konsumsi. Alhamdulillah pada tahun ini panitia dapat mengupayakan adanya hewan qurban berupa satu ekor sapi yang berasal dari seluruh  keluarga besar MTs Negeri 8 Jakarta dan dua ekor kambing yang berasal dari kepala madrasah, ibu Dra.Hj. Makiyah, M.Pd dan ibu Siti Umiyati, S.Pd.

Kepala madrasah, ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd , menyampaikan bahwa kegiatan penyembelihan hewan qurban ini merupakan bagian dari upaya untuk melibatkan seluruh warga madrasah dalam berbagi keberkahan. “Kami ingin mengajarkan kepada peserta didik tentang makna sejati Idul Adha, yaitu semangat ber-qurban dan berbagi kepada sesama,” ujarnya.

Beliau juga menambahkan, bahwa hewan yang disembelih ini agar memperoleh pahala qurban maka diatasnamakan beberapa siswa yatim berprestasi dan satu tenaga kependidikan.

Daging qurban yang dihasilkan dari penyembelihan ini  dibagikan kepada warga madrasah dari kalangan peserta didik yang tergolong dhu’afa dan yatim. Panitia qurban bekerja sama dengan Pembina dan  pengurus Osis  menyusun daftar penerima daging qurban, sehingga distribusi daging qurban dapat tepat sasaran.

Peserta didik yang  turut menyaksikan penyembelihan hewan qurban mendapatkan pengalaman berharga tentang kepedulian sosial dan kebersamaan dalam membantu sesama. Dengan adanya kegiatan penyembelihan hewan qurban di madrasah, diharapkan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan dapat lebih dihayati oleh seluruh warga madrasah. Dan yang tidak  kalah  penting para peserta didik dapat melihat secara langsung tata cara proses penyembelihan secara nyata setelah mereka mempelajarinya di kelas secara teori dari guru-guru yang mengajarnya.

humas_mtsn8jkt,









 


0 Komentar