SKRENING KESEHATAN SISWA MTSN 8 JAKARTA

 

MTs Negeri 8 Jakarta  bekerja sama dengan petugas kesehatan Puskesmas Duri Kosambi melakukan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Screening) kepada siswa Kelas 8 dan 9. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 14 Mei 2024 bertempat di lantai dua Masjid Nurusshibyan MTs Negeri 8 Jakarta.

Screening adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi masalah kesehatan siswa agar segera mendapatkan penanganan secepatnya serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.


Adapun proses rangkaian Screening dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB meliputi pemeriksaan kebersihan rambut, kulit, kuku, pemeriksaan ketajaman indra penglihatan dan pendengaran, serta pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Dan di ukur juga tinggi badan dan berat badan peserta didik untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan mereka secara normal sesuai dengan usianya.


Petugas dari Puskesmas menjelaskan bahwa Screening kesehatan anak sekolah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dengan bekerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dari Puskesmas dengan sekolah/madrasah dari Tingkat Sd/MI, SMP/MTs dan SLA yang berada di Wilayah Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.


Para siswa sangat merespon kegiatan ini karena mereka sudah diberi penjelasan tentang tujuannya. Kegiatan berlangsung tertib. Selain dipantau oleh  guru Pembina PMR, ibu Lilis Komariyah, S.Pd, kegiatan tersebut juga melibatkan OSIS. (humas_mtsn8jkt)










0 Komentar