MTS NEGERI 8 JAKARTA MENGGELAR WISUDA TAHFIDZ KEEMPAT

 

MTS NEGERI 8 JAKARTA MENGGELAR WISUDA TAHFIDZ KEEMPAT

 

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)  8 Jakarta telah melaksanakan wisuda tahfidz yang keempat pada Selasa 28 Mei 2024 bertempat  di halaman MTs Negeri 8 Jakarta yang diikuti oleh siswa sebanyak 192 orang. Pada tahun-tahun sebelumnya telah dilaksanakan wisuda tahfidz walaupun  digabungkan dengan agenda pelepasan Kelas 9, yakni pada tahun 2019, 2021` dan 2023.

 

Pada pukul 07.00 WIB acara dimulai dan dibuka oleh ibu Indah Kusuma Dewi , S.Pd.I  sebagai pembawa acara didampingi oleh ustadz Wajihi Firda dan ustadz Ahmad Juaini dari Rumah Qur’an Ummul Khoirot. Dilanjut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan kalam Ilahi oleh ananda Wildhan Al Kautsar dan saritilawah oleh ananda Svetlana Janiska Putri Kandi.   

 

Pembina Tahfidz MTs Negeri 8 Jakarta, ustadzah Maideswati, SIQ, S.Ag  dalam laporannya menyatakan bahwa pada hari ini Selasa 28 Mei 2024 , MTsN 8 Jakarta melaksanakan  kegiatan Wisuda Tahfidz yang Alhamdulillah animo dari siswa-siswi sangat luar biasa. Bahkan sampai detik-detik terakhir pendaftaran ditutup masih banyak siswa yang ingin mengejar setorannya.  

 

Ketua Komite, bapak Edy Irwan, SE dalam sambutannya menyatakan akan terus mendukung program-program MTs Negeri 8 Jakarta. Dan beliau berpesan agar orangtua/wali siswa juga memenuhi kewajibannya dalam memberikan sumbangan dana komite agar kegiatan semacam ini akan terus berlangsung.


Ketua Panitia, bapak Achmad Fuadz, S.Pd.I dalam laporannya menyatakan bahwa acara wisuda tahfidz ini pada awalnya hanya akan dibuat sederhana tanpa adanya tenda dll. Namun untuk kenyamanan dan acara menjadi lebih kondusif, atas persetujuan kepala madrasah didirikan tenda dan hiasan panggung.

 

Dalam sambutannya, Kepala MTs Negeri 8 Jakarta, ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd menyampaikan, kegiatan ini selain menjadi tradisi, juga menjadi bagian dari syiar agama Islam.  "Kami senantiasa mendorong terlaksananya program tahfidz yang menjadi salah satu program unggulan MTs Negeri 8 Jakarta  dan Insya Allah siswa hafidz  ini hidupnya sukses dunia dan akhirat," ungkapnya.  Beliau menjelaskan wisuda tahfidz adalah momentum mentadaburi keutamaan menghafal Alquran. Beliau berharap para siswa hafidz ini akan mendapatkan sekolah-sekolah terbaik menurut Allah. Beliau menambahkan sangatlah wajar perguruan tinggi terkemuka di manapun saat ini, selalu membuka kesempatan untuk penghafal Al-Qur'an. Tidak sedikit perguruan tinggi yang membuka jalur khusus bagi para tahfidz Al-Qur'an. 

 

Pada agenda wisuda tahfidz ini turut hadir  Pengawas Penmad Kemenag Kota Jakarta Barat, bapak Drs. Dasiman, M.Pd. Beliau  memberikan apresiasi  atas upaya dan kerja keras pembina tahfidz MTs Negeri 8 Jakarta beserta guru guru tahfidz. Dan juga turut merasa bangga dengan prestasi para siswa dalam menghafal Alqur’an yang diantaranya mencapai 5 juz.

"Selain guru guru tahfizh, orang-orang tua murid juga turut  berkontribusi besar melaksanakan tugas dengan baik. Tentunya bapak dan ibu terus mengarahkan anak-anak untuk menghafal Al-Qur'an," tegasnya.

 

Sementara itu, orang tua dari ananda Kayla Inayah siswa Kelas 9.2, ibu Yulianah dalam sambutan mewakili orang tua/wali siswa   menyampaikan rasa terimakasih kepada para pembimbing tahfidz  MTs Negeri 8 Jakarta  yang telah berjibaku membimbing dan memotivasi para siswa dalam menghafal Al-Quran.   “Tentunya kami sebagai orang tua sangat terharu dan bangga dengan capaian anak-anak kami ini. Karena menghafalkan ayat-ayat Alqur’an  itu sungguh  berat, namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ini adalah Qadarullah, Oleh karena itu kami sangat berterima kasih kepada Kepala MTs Negeri 8 Jakarta khususnya dan kepada bapak ibu guru umumnya yang sudah memfasilitasi anak kami menjadi penghafal Qur’an sebagaimana yang kita impikan bersama,” jelasnya.

 

Pada kegiatan ini telah diwisuda oleh Kepala MTs Negeri 8 Jakarta para wisudawan dan wisudawati sebanyak 192 siswa dengan perincian 1 siswa menghafal 5 juz, 1 siswa menghafal 4 juz, 9 siswa menghafal 3 juz, 10 siswa mengahafal 2 juz dan selebihnya hafal masing-masing 1 juz.

 

Pada prosesi wisuda  ini selain acara sambutan-sambutan  juga ada agenda sambung ayat. Siswa melanjutkan ayat yang dibacakan oleh para pembimbing. Dipenghujung acara para siswa sungkeman kepada orangtua masing-masing yang bertujuan meminta maaf, ridho dan terima kasih kepada mereka atas segala jasanya selama ini.

 

Tepat pukul 11.00 WIB acara wisuda berakhir dan ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh ustaz Masykuri, S.Pd.I.  (humas_mtsn8jkt)
























0 Komentar