MTs Negeri 8 Jakarta Gandeng Konsultan Pendidikan dan Psikologi ISM ( Ikhlas Safari Mulia) pada Psikotes Siswa

 

MTs Negeri 8  Jakarta Gandeng Konsultan Pendidikan dan Psikologi ISM

( Ikhlas Safari Mulia) pada Psikotes Siswa Kelas 8, Mei 2024

 

MTs Negeri 8 Jakarta menyelenggarakan psikotes bagi siswa/i kelas 8 dengan menggandeng psikolog dari Konsultan Pendidikan dan Psikologi ISM (Ikhlas Safari Mulia) . Seluruh kelas 8 melalui beberapa tes akademik dan berakhir pada tes wawancara yang dilaksanakan di kelas masing-masing di lantai dua dan tiga.

Bapak Masykuri S.Pd.I, selaku wakil kepala madrasah bidang kesiswaan menjelaskan bahwa pelaksanaan psikotes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan IQ, bakat minat serta gaya belajar peserta didik. Hasil dari psikotest ini dapat menjadi salah satu acuan dalam pembelajaran siswa.

“Harapan dari psikotes ini yakni semoga peserta didik mampu mengerjakan setiap soal dengan baik sesuai dengan kemampuan masing-masing sehingga hasilnya tepat sasaran,” ujarnya

Manurut salah satu psikolog yang mendampingi para siswa  dalam psikotes ini, menyampaikan beberapa manfaat psikotes untuk peserta didik adalah dapat memahami gambaran umum karakteristik siswa. Ini merupakan salah satu kelebihan tersendiri dari tes psikologi karena gambaran umum seseorang bisa diketahui melalui tes psikologi tertentu dengan mengacu teori-teori psikologi kepribadian. Selanjutnya melalui tes ini, potensi dan kemampuan siswa  dapat diukur. Melalui tes psikologi, siswa dapat diukur minat dan bakat masing-masing.

Ibu Nur Afnidar, S.Pd selaku wakil kepala madrasah bidang akademik menambahkan,  “Tes psikotes ini untuk mengukur kemampuan dan kecerdasan peserta didik. Hasil tes tersebut akan menggambarkan potensi yang dimiliki anak, sehingga orang tua memiliki arahan yang lebih jelas dalam mengembangkan tumbuh kembang anak.”

“Tes ini pun nantinya dapat memberikan gambaran soal kebiasaan peserta didik. Berbagai tingkah laku dasar akan dapat menjadi acuan pihak sekolah untuk menilai. Juga dapat mengetahui reaksi peserta didik saat menghadapi permasalahan tertentu,” tambahnya.

Kegiatan psikotes berlangsung dengan tertib dan kondusif mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB. (humas_mtsn8jkt)








0 Komentar