MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN MADRASAH

 MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN  MADRASAH

Pada pelaksanaan Asesmen Madrasah hari keempat, Jum’at 3 Mei 2024, MTs Negeri 8 Jakarta mendapatkan jadwal kunjungan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Administrasi Jakarta Barat, Bapak H. Uang, SH, MH dan Kepala seksi bidang Penmad, ibu Khairani, S.Kom.  Dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev)  pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM)  Tahun Pelajaran . 202/2024. turut menyambut kehadiran pejabat Kantor Kementerian Agama Kota Administrasi Jakarta Barat tersebut selain Kepala MTs Negeri 8 Jakarta, ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd juga para wakil kepala madrasah, diantaranya Waka bidang Akademik, ibu Nur Afnidar, S.Pd, Waka bidang Kesiswaan, bapak Masykuri, S.Pd.I dan Waka bidang Humas dan Sarpras, bapak Sadudin A. Tazani, S.Pd.I.





Setibanya di MTs Negeri 8 Jakarta, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Administrasi Jakarta Barat yang didampingi  Kepala seksi bidang Penmad langsung mengecek situasi dan kondisi penyelenggaraan Asesmen Madrasah, diantaranya mengecek ruang panitia dan pengawas Asesmen Madrasah. Dilanjutkan dengan mengisi instrumen monitoring dan evaluasi sesuai dengan kondisi yang ada. Adapun instrumen monitoring dan evaluasi yang diverivikasi diantaranya adalah :

1. SK Panitia

2. Juknis Pelaksanaan AM Tahun Pelajaran 2023/2024

3. SK Pengawas AM

4. Ruang Panitia

5. Ruang Pengawas

6. Kartu Peserta

7. Denah tempat duduk

8. Tata tertib panitia dan pengawas

9. Daftar hadir panitia, pengawas dan peserta

10. Berita acara

11. Fakta integritas kepala madrasah, panitia dan pengawas

12. Naskah soal yang berbentuk CBT E-Ujian

13. Dan beberapa item kelengkapan adminitrasi yang lainnya

Setelah memeriksa kelengkapan pelaksanaan Asesmen Madrasah yang dijelaskan oleh Waka bidang Akademik yang juga sebagai Ketua Pelaksana Asesmen Madrasah, ibu Nur Afnidar, S.Pd  maka Kepala seksi bidang Penmad  menyimpulkan dan di-iyakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Administrasi Jakarta Barat bahwa pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran . 2023/2024 di MTs Negeri 8 Jakarta sudah sesuai dengan juknis dan semua instrumen  monitoring dan evaluasi Asesmen Madrasah sudah terpenuhi dengan baik. “Saya berharap bahwa kegiatan Asesmen Madrasah  ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib sampai hari terakhir pelaksanaan pada tanggal 7 Mei 2024 dan dipastikan tidak ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan ini. Dan kepada para pengawas dan panitia saya berpesan agar menjalankan tugasnya dengan baik”, ujar Kepala Seksi bidang Penmad Kantor Kementerian Agama Kota Administrasi Jakarta Barat 

Dengan adanya monitoring dan evaluasi ini diharapkan kegiatan Asesmen Madrasah dipastikan berlangsung sesuai juknis yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama RI.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Administrasi Jakarta Barat dan Kepala Seksi bidang Penmad, selain meninjau secara langsung ruang panitia dan pengawas, mereka juga meninjau keberadaan kantin madrasah. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Administrasi Jakarta Barat menghimbau agar para pedagang menjual aneka makanan dan minuman yang sehat yang tidak menimbulkan masalah terhadap kesehatan para peserta didik. Selain makanan dan minuman yang sehat, beliau juga berpesan agar sarana dan peralatan yang digunakan juga harus higeinis.







0 Komentar