KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN 1445 H MTS NEGERI 8 JAKARTA

Kegiatan Pesantren Ramadhan secara resmi dibuka oleh Kepala MTs Negeri 8 Jakarta yang diwakili  oleh Kepala Urusan Tata Usaha MTs Negeri 8 Jakarta, ibu Titin Suhaeti, SE, M.Si. Kegiatan Pesantren tahun ini mengusung tema "Ramadhan Berkualitas, Ibadah Totalitas dan Iman Naik Kelas" bertempat di Masjid Nurusshibyan MTs Negeri 8 Jakarta lantai dua. Kegitan berlangsung pada tanggal 27, 28 Maret dan 1, 2 , 3 April 2024.

Panitia yang terdiri dari Bapak Masykuri, S.Pd.I sebagai ketua dan Bapak Sadudin A. Tazani, S.Pd.I sebagai sekretaris serta guru-guru  agama lainnya telah menyusun materi yang terdiri dari khataman Alqur'an setiap hari sebagai pembuka kegiatan yang dimulai pada pukul 07.30 WIB, latihan pidato, pengecekan tata cara wudhu dan sholat siswa untuk memastikan mereka telah melakukannya dengan benar, Parenting yang diisi oleh tim dari Lembaga Nuruk Fikri yang menghadirkan Kak Rangga, Kak Madilah, Kak Sholeh dkk, Kajian Kitab Akhlak lilbanin, ceramah agama oleh guru-guru agama dll.

Kegiatan berlangsung selama 5 hari mulai pukul 07.30 sampai dengan 12.00 WIB. Dengan peserta difokuskan siswa kelas 9 yang berjumlah lebih kurang 190 siswa. Sedangkan siswa kelas 7 dan 8 belajar seperti biasa dan disisipkan nonton bareng acara Kultum Ramadhan secara live yang dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta. Dan ditambah dengan kegiatan motivasi dari lembaga Nurul Fikri di kelas mereka masing-masing. 

Hadir sebagai salah satu penceramah pada kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H adalah  Bapak ustadz H. Ahmad Syafi'i, S.Sos.I, beliau adalah pembina keagamaan di MTs Negeri 8 Jakarta. Materi yang disampaikannya adalah tentang ciri-ciri manusia yang beruntung di dunia dan akhirat.

Kepala MTs Negeri 8 Jakarta, Ibu Desi Puspitosari, M.Pd dalam pesannya mengatakan, kegiatan pesantren kilat ini bertujuan untuk membentuk sikap dan juga kepribadian yang baik bagi para siswa  sehingga materi yang nanti akan diberikan dapat bermanfaat untuk mereka, dan semoga siswa bisa menerapkan ilmu yang telah diberikan.

“Harapan saya, anak-anak dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga nanti dapat membentuk sikap dan kepribadian yang baik bagi anak-anak semua, sehingga semua menjadi anak-anak yang soleh dan soleha,” jelas Kepala Mts Negeri 8 Jakarta.

Kepala Madrasah juga menambahkan, dilihat  dari situasi dan keadaan saat ini memang sangat rentan dengan pengaruh-pengaruh yang kurang baik bagi para siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pembekalan rohani, guna membentengi para siswa ini, sehingga terhindar dari pengaruh, serta hal-hal yang buruk. Dan kegiatan Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan rutin tiap bulan Ramadhan ini adalah salah satu cara untuk membentengi akhlak dan keperibadian para siswa dari pengaruh  buruk itu.

Kegiatan Pesantren ini diakhiri dengan kegiatan buka puasa bersama keluarga besar MTs Negeri 8 Jakarta pada Jum'at 3 April 2024. 

Seluruh rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H dan buka puasa bersama didukung penuh oleh Komite MTs Negeri 8 Jakarta. Dan pada akhir kegiatan para pengurus komite turut hadir diantaranya bapak Ahmad Fuadz, ibu Linda, ibu Astuti, ibu Ria dan ibu Kokom mewakili pengurus lainnya.

Pada kegiatan Buka Puasa Bersama diisi dengan kegiatan shalat ashar dan magrib berjama'ah di halaman MTs Negeri 8 Jakarta, penampilan hadrah dan marawis oleh para siswa, pembacaan puisi tentang Ramadhan, tahlil yang dipimpin oleh bapak Suherman, S.Pd, ceramah dll. Rangkaian acara ini dipandu oleh ibu Hj. Siti Nurkhamiyhah, S.Ag.

Semoga pada tahun-tahun berikutnya kegiatan ini semakin baik dan bermanfaat bagi siswa dan keluarga besar MTs Negeri 8 Jakarta lainnya.


























0 Komentar