ISTIGHATSAH DAN MUHASABAH MENJELANG ASESMEN MADRASAH

 

ISTIGHATSAH DAN MUHASABAH MENJELANG ASESMEN MADRASAH

MTs Negeri 8 Jakarta, pada Jum’at  26 April 2024, mengadakan kegiatan istighatsah dan muhasabah bersama menjelang pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) yang akan berlangsung mulai 29 April hingga 7 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas Sembilan MTs Negeri 8 Jakarta. Kegiatan tersebut berlangsung di lantai dua Masjid Nurusshibyan MTs Negeri 8 Jakarta.

Acara diawali dengan pembacaan surat yasin, shalat dhuha dan shalat hajat. Tepat pukul 07.00 dibacakan Ratibul Haddad bersama-sama dipandu oleh bapak Suherman, S.Pd. Turut membersamai dalam pembacaan ratib tersebut Kepala MTs Negeri 8 Jakarta, ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd, para wakil dan GTK. 

Kegiatan Istighatsah dan muhasabah  diadakan bertujuan untuk mempersiapkan mental dan  batin seluruh siswa kelas sembilan agar tenang dalam menghadapi AM yang menjadi salah satu syarat kelulusan. Lebih dari pada itu untuk memohon kepala Allah SWT agar seluruh siswa diberi kemudahan dalam menjawab soal-soal Asesmen Madrasah dan memperoleh nilai maksimal.

Acara dibuka oleh waka bidang Humas, bapak Sadudin A. Tazani, S.Pd.I sebagai pembawa acara. Beliau menyampaikan bahwa ikhtiar dan doa harus seiring. Tidak boleh ditinggal salah satunya.

Waka bidang akademik, ibu Nur Afnidar dalam sambutan pengantarnya berpesan agar para siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi Asesmen Madrasah dengan cara belajar yang sungguh-sungguh.

Dalam sambutannya Kepala madrasah, Ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd. meminta peserta didik untuk selalu rajin belajar dan berdoa. Meminta maaf dan Ridha kepada orangtua, guru-guru, adik, kakak dan kepada siapa saja. Hal ini penting agar Allah buka hati dan tidak ada beban dalam hati untuk menghadapi Asesmen Madrasah.

Waka bidang kesiswaan, bapak Masykuri, S.Pd.I  dalam motivasinya memberikan kunci sukses menghadapi asesmen madrasah. Beberapa kunci sukses tersebut adalah selalu beristighfar, meminta restu bapak ibu guru dan orang tua, serta bersungguh-sungguh dalam belajar.

Pada kesempatan itu turut pula memberi sambutan pengurus Komite MTs Negeri 8 Jakarta yang diwakili oleh bapak Ahmad Fuadz, SPd.I yang menyatakan sangat mendukung kegiatan istighatsah dan muhasabah ini karena sangat berpengaruh terhadap kesiapan para siswa menghadapi asesmen madrasah.

Untuk menambah kekhusu’an acara, bapak H. Imam Mursyid, S.Ag membacakan doa yang khusus diperuntukkan kepada para siswa agar sukses dalam menempuh asesmen madrasah. Dipenghujung acara para siswa memohon Ridha dan maaf kepada orangtua masing-masing dan para guru dipandu oleh bapak Drs. H. Dasahri, M.Pd. Banyak siswa, orangtua dan para guru yang menangis saat beliau menyampaikan kalimat-kalimat yang menyentuh hati.

Hadir pada kegiatan istighatsah dan muhasab ini dalam membersamai para siswa adalah  kepala madrasah, seluruh GTK, orangtua/wali siswa dan pengurus komite.

Rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 09.30 WIB dengan harapan semoga para siswa Allah beri kemudahan dalam menempuh asesmen madrasah dan mampu memperoleh nilai terbaik.

























 

0 Komentar