PENGUATAN MODERASI BERAGAMA

 Pada Selasa 20 Juni 2023 bertempat di Aula Wijaya Kusuma Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat telah dilaksanakan Kegiatan Pemantapan Moderasi Beragama bagi Para Kepala Madrasah tingkat RA, MI, MTs dan MA baik negeri maupun swasta. Acara tersebut diprakarsai oleh Kankemenag Jakarta Barat.

Acara dibuka oleh PLT Kakemenag Kota Jakarta Barat, bapak Drs. H. Muhammad Zandan Zaini Dahlan. Dalam sambutannya beliau menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini. Satu diantaranya adalah agar para guru dapat menempatkan posisi dan pemahaman keagamaan pada posisi wasatiyah (pertengahan).

Selanjutnya, acara inti diisi oleh Narasumber yaitu DR. KH. Lukman Hakim Saifuddin, Mantan Menteri Agama. Dalam paparannya  beliau menyatakan bahwa orang luar negeri memandang Indonesia dari dua sisi yaitu sisi Keragaman dan sisi Keberagamaan. Keunikan ini harus tetap dipelihara agar Indonesia tetap eksis dan damai sepanjang masa. Yang dimaksud Moderasi Beragama, bukan memoderasi agama tetapi memoderasi pemahaman keagamaan., demikian pernyataan beliau.

Acara ditutup oleh Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, bapak DR. KH. Cecep Khairul Anwar. Dalam pesan singkatnya, beliau menyimpulkan apa yang telah disampaikan oleh pembicara sebelumnya.

Acara berlangsung khidmat dan para peserta menyimak dengan khusu'. Pada kegiatan tersebut , utusan MTsN 8 Jakarta adalah Waka Humas bapak Sa'duddin Attaftazani yang mewakili Kepala madrasah yang berhalangan hadir karena harus menghadiri acara penting lainnya di tempat berbeda.












0 Komentar