Pertanyaan dan Jawaban (Q & A) Seputar PPDB Online 2018









QUESTION
AND ANSWER SEPUTAR PROBLEM PPDB ONLINE


 MTS NEGERI DKI JAKARTA TAHUN 2018-2019





(1)   
Question     : Apakah ada Pendaftaran Gelombang II? Berapa
kuota kursi siswa baru yang diterima?


Answer      :
Kami tidak berencana membuka gelombang II, kuota 192 kursi untuk 6 Kelas
langsung kami buka di PPDB saat ini. Kami berbeda dengan SMP Negeri di DKI
Jakarta atau SMP-SMP Swasta yang membuka pendaftaran murid baru dengan
mekanisme bergelombang atau bertahap.





(2)   
Question     : Apakah ada persentase pembagian antara
warga DKI dengan warga luar DKI?


Answer      :
Kami adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri di bawah Kementerian Agama Pusat
mencakup nasional, walau secara umum siswa kami adalah warga DKI Jakarta namun system
kami mengedepankan seleksi berdasarkan hasil seleksi dengan prestasi terbaik
tanpa membedakan asal sekolah dari sekolah umum atau madrasah. Jadi siapapun
warga Negara Republik Indonesia beragama islam berhak untuk mengikuti seleksi
PPDB ini sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.





(3)    Question     : Bolehkah
saya mendaftar di MTs Negeri lain di Jakarta Barat, untuk cadangan?


Answer      :
Kami menyarankan anda memilih satu sekolah saja, karena secara system bagaimanapun
akan diketahui user mendaftar lebih dari satu MTs Negeri. Dan itu akan
menyebabkan akun tersebut gagal masuk dalam seleksi.





(4)    Question     : Lalu
bagaimana jika sudah terlanjur mendaftarkan 2 akun di dua MTs Negeri berbeda?


Answer      :
Anda dapat menghubungi Admin Sekolah tersebut untuk minta dihapuskan akun yang
terdaftar agar tidak tereliminasi sebelum pengumuman seleksi berkas.





(5)    Question     : Setelah
selesai mencetak Bukti Pendaftaran atau Bukti Validasi, langkah apa lagi yang
harus saya lakukan?


Answer      :
Jika anda sudah melakukan validasi data, maka anda diharapkan menyimpannya
dengan rapi, karena akan diminta saat daftar
ulang
anak anda dinyatakan lulus tes pada tahap ke II proses PPDB.





(6)    Question     :
Kenapa sering muncul “ Username Anda Sudah Terdaftar di Madrasah lain”? Padahal
saya yakin Username dan Password Sudah benar.


Answer      :
Ini umumnya terjadi akibat jaringan server sibuk atau sedang maintenance. Mohon
ulangi di lain waktu. Ini juga kerap muncul jika username yg anda buat terdiri
dari adalah alamat email atau lebih dari dua suku kata. Contoh mail@domain.com atau ahmad Muhammad (ada
spasi), ini menyebabkan banyak error. Kami menyarankan penamaan akun
username  terdiri dari 1 suku kata
kombinasi huruf dan angka tanpa spasi contoh ahmad17122005.





(7)   
 Question    :
Kenapa Upload Photo Susah ya?


Answer      :
Jaringan server melayani request seluruh user di DKI Jakarta, berakibat adanya
Antrian. Sehingga dibutuhkan jeda beberapa saat (mungkin menit, tergantung
jaringan internet dan kondisi jam sibuk. Berdasarkan pengalaman bisa lebih dari
5 menit) untuk merefresh halaman web anda. Tekan F5 pada computer Anda.


         Jika
berhasil anda akan menemukan Photo Profil Akun Anda ikutan berubah pula. Sekali
upload foto anda tidak dapat melakukan upload berulang-ulang. Karena Photo yang
sudah tersimpan tidak dapat diubah.


       Namun, Jika sudah terlanjur cetak bukti
pendaftaran tidak masalah. Anda dapat menempelkan Foto 3x4 Berwarna secara
manual sendiri, pada pojok kiri bawah.





(8)   
Question     : Kenapa tampilan menu di handphone tidak
selengkap di komputer?




Answer      :
Walau dapat diakses menggunakan hp Android atau yang sejenis. Kami tetap menyarankan
penggunaan Komputer atau Laptop selama proses penginputan data atau upload
photo. Karena desain web kami lebih optimal menggunakan dengan computer,
sehingga menu yang tampil utuh dan tidak terkurangi seperti tampilan pada
handphone.





(9)   
Question     : Saya sudah cetak bukti pendaftaran, namun
nilai agama tidak  muncul? Apakah akan
bermasalah?


Answer      :
Ya, jelas akan mempengaruhi hasil seleksi berkas. Sangat dimungkinkan tidak
lulus. Kelengkapan dan kebenaran isian data yang anda masukkan menjadi acuan
kami dalam meluluskan seleksi berkas (Tahap I). Anda dapat mengajukan
penghapusan akun ke admin di mtsn8jkt@gmail.com
agar dapat mengulang dan melengkapi kelengkapan nilai agama yang tidak muncul
pada Bukti Pendaftaran.





(10)Question     :
Anak kami adalah siswa SD, kok muncul isian mata pelajaran  Alquran Hadits, Akdah Akhlak, Fiqih, SKI dan
Bahasa Arab?


Answer      :
Ini kerap terjadi jika anda melewati (melompati) proses pencarian nama sekolah
SD atau MI? sehingga default sistem kami menampilkan isian nilai Mata Pelajaran
MI? Hal ini dapat diatasi dengan memilih Nama Asal Sekolah atau dengan mengisi
nilai mata pelajaran tersebut dengan nilai Mata Pelajaran Agama Islam (PAI).





(11)Question     :
Asal sekolah anak saya DKI namun nama sekolahnya kok susah dicari dan tidak
muncul-muncul?


Answer      :
Gunakan Keyword (Kata Pencarian) dengan nama Kecamatan/Kelurahan atau yang
lebih spesifik contoh ketik DURI KOSAMBI, jika ingin mencari SDN DURI KOSAMBI
03 PETANG.





(12)Question     :
Asal sekolah anak saya luar DKI namun nama sekolahnya kok susah dicari dan
tidak muncul-muncul?


Answer                :
Kami memiliki keterbatasan menampung data sekolah di luar DKI baik perbatasan
di Jawa Barat atau pun Banten. Gunakan pencarian nama sekolah lebih spesifik hingga
level kecamatan.



        Guna
mengetahui nama asal sekolah anak anda sesuai registrasi di Kementerian
Pendidikan Kebudayaan. Contoh SDN GONDRONG 1 (yang kita kenal) berbeda dengan
registrasi kementerian yang mencatatnya SD NEGERI GONDRONG 01.  Ini kerap menjadi perbedaan di lapangan. Kami
menggunakan data resmi yang ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.





(13)Question     :
Sudah kami lakukan pencarian namun tetap juga tidak muncul?


Answer      :
Anda dapat menghubungi admin sekolah tersebut agar minta diusulkan untuk
dimasukkan ke dalam sistem. Setelah menghubungi admin sekolah, tunggu hingga
nama sekolah anda muncul di dalam sistem. Ini mungkin membutuhkan waktu
beberapa menit hingga jam. Mohon bersabar.





(14) Question    : Saya
sudah selesai dan cetak validasi, namun masih banyak kesalahan nilai yang
diinput dan photo blm masuk, apa yang harus saya lakukan?




Answer      :
Jika anda sudah melakukan validasi data maka semua nilai yg dimasukkan bersifat
permanen dan tidak dapat diubah. Nilai tersebut akan menjadi acuan kami
menseleksi dan menggugurkan pendaftar. Anda dapat mengajukan penghapusan akun,
membuat akun yang baru dan menginput ulang dari awal pendaftaran. Hubungi admin
melalui email mtsn8jkt@gmail.com
















1 Komentar

  1. Assalamualaikum ,, pa kalo saya daftar akun mts , trus saya daftar akun smp itu bisa ga ya ? terima kash sebelumnya

    BalasHapus