MTsN 8 Jakarta Selenggarakan Persami Di Bumi Perkemahan Situ Cipondoh Kota Tangerang


Jakarta, (Senin, 10/10/16). Bertujuan meningkatkan semangat bela Negara, cinta alam dan kemampuan dasar kehidupan (basic life skill) untuk para siswa, Gugus Depan Pramuka MTs. Negeri 8 Jakarta menyelenggarakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Bumi Perkemahan Situ Cipondoh Kota Tangerang, 8 s.d 9 Oktober 2016.


Acara dibuka oleh Kepala Madrasah, Bapak Anwar Fikri, S.Ag didampingi Pembina Pramuka Bapak Ahmad Baihaki, S.Pd dan Ibu Dra. Umiyati, M.Pd ini berlangsung meriah. Cuaca rintik hujan sepanjang hari hingga malam menambah kemeriahan dan kesejukan suasana keakraban para siswa tanpa menghalangi semua rangkaian acara yang dipersiapkan.


Sebanyak 220 siswa-siswi kelas 7 dan 25 Kelompok Inti Pramuka mengikuti kegiatan yang menjadi kegiatan perdana Pramuka yang sudah lama mati suri dari kegiatan Persami Outdoor didampingi Kakak Pelatih dan Pembina. Berlokasi di tepian danau Cipondoh yang asri menambahkan keindahan pemandangan yang luar biasa dan memberi kesan mendalam bagi para peserta Persami.


Guna menanamkan kemampuan kecakapan dasar hidup yang baik, siswa diajarkan praktik secara langsung memasak sendiri kebutuhan makan mereka, mendirikan tenda untuk berteduh, membuat api, merapikan diri, berolahraga demi kesehatan mereka, mencari jejak malam, memancing ikan di danau dan berbagai kegiatan mendidik lainnya.


Kemeriahan Malam Keakraban yang ditandai dengan pembakaran Api Unggun menjadi menu pokok dalam kegiatan pramuka ini ditutup dengan Jurit malam mencari jejak sebagai bekal kemampuan navigasi dasar bagi para siswa.


Pagi hari, setelah bangun sholat tahajud bersama dan shalat subuh berjamaah, peserta Persami disuguhi sarapan bergizi dan senam pagi guna menambah kehangatan keakraban para peserta dan para dewan guru.


Puluhan dewan guru dan staf tata usaha silih berganti berdatangan menemani, menjaga dan ikut serta menikmati kegiatan luar biasa ini. Uniknya semua kegiatan ini tidak dikenakan biaya ke siswa. Ini adalah program madrasah yang luar biasa dan akan terus dilaksanakan setiap tahun mengingat Pramuka merupakan ekstra kurikuler wajib di kurikulum 2013. Ungkap Kepala Madrasah dalam sambutan pembukaan. (humas-habiel)






0 Komentar